Senin, 19 Februari 2018

Model-model Plafon Untuk Rumah Minimalis

Pada awalnya plafon hanya berfungsi sebagai penyangga atap atau sebagai pelindung yang menghubungkan antara atap dengan dinding rumah. Dengan seiring berkembangnya desain rumah, saat ini banyak pemilik rumah  minimalis yang ingin mempercantik rumahnya dengan memasang plafon guna menambah atau menguatkan desain rumahnya.

Plafon rumah saat ini menjadi bagian dari desain rumah yang tidak bisa diabaikan, terutama untuk rumah minimalis. Plafon pada rumah minimalis yang memiliki luas terbatas, desain plafon menjadi faktor penting agar ruangan rumah tampak luas dengan desain klasik maupun modern.

Sebenarnya untuk menentukan model plafon rumah tidak terlalu sulit, tapi kebanyakan orang kesulitan karena terlalu banyak pilihan. Padahal sebenarnya untuk menentukan tinggal menyesuaikan saja dengan bentuk rumah. Misalnya rumah modern yang cenderung menggunakan plafon yang simpel yang dipadukan dengan warna yang elegan. Nah, agar tidak bingung model plafon seperti apa yang cocok untuk rumah Anda bisa melihat contoh plafon minimalis berikut ini;

Plafon Kayu Minimalis

Diantara bahan plafon yang ada, mungkin bahan kayulah yang harganya cukup mahal. Karena kayu saat ini memang menjadi bahan yang cukup susah didapatkan. biasanya kayu memiliki daya tahan yang cukup lama, bahkan bila diberikan cat pelapis yang bagus bisa bertahan sampai puluhan tahun.
Kreasi plafon dari bahan kayu sangat banyak sekali, keunikan serat yang dimiliki oleh bahan ini memberikan kesan tersendiri. Bagi Anda yang menginginkan suasana rumah klasik dan mewah bisa mencoba membuat plafon rumah dari kayu. 

Plafon Gypsum Minimalis

Gypsum merupakan salah satu bahan yang serbaguna, diantaranya adalah untuk membuat plafon,. Bahan ini cukup murah dan cukup mudah dibentuk sesuai keinginan.
Plafon gypsum biasanya digunakan pada rumah minimalis modern. Berbagai desain bisa diaplikasikan pada plafon dari bahan ini.







Plafon Triplek Minimalis

Plafon dari triplek saat ini sudah tidak asing lagi. Tampilannya yang beraneka ragam model dan warna serta beratnya yang ringan serta harga yang ekonomis sangat cocok digunakan untuk memperindah tampilan rumah Anda.
Bahan dari triplek juga tahan terhadap cuaca yang sering berubah-ubah, jadi ridak perlu takut plafon akan cepat rusak. Untuk menjaga ketahanan plafon minimalis dari triplek bisa menggunakan pengawet kayu atau menggunakan cat pelapis.

Seperti yang telah diketahui bahwa Indonesia termasuk dalam negara tropis yang memiliki iklim yang berubah-ubah seperti musim hujan dan kemarau, serta kondisi udara yang lembab. Oleh karena itu material yang digunakan untuk membuat plafon harus dipertimbangkan dengan baik. Model plafon rumah minimalis yang bagus harus didukung dengan material yang baik agar plafon yang digunakan bisa bertahan dalam waktu yang lama. Pada umumnya semakin baik kualitas dari plafon maka harganya semakin mahal, tetapi hal itu sebanding dengan hasil yang akan didapat nantinya.

Berikut adalah tips untuk memilih material plafon untuk rumah Anda :
  1. Bila Anda tinggal di daerah yang memiliki iklim panas sebaiknya memilih model plafon rumah dengan desain minimalis yang terbuat dari bahan fiber. Bahan tersebut bisa menyerap panas secara maksimal sehingga mengurangi udara panas yang ada di rumah Anda.
  2. Untuk Anda yang memiliki budget yang terbatas bisa mencoba menggunakan plafon dari bahan gypsum. Bahan ini mudah untuk dibentuk dan harganya yang terjangkau sehingga layak untuk dijadikan piihan dalam membuat plafon minimalis. Kelebihan bahan ini adalah sambungan antar plafon yang bisa disamarkan sehingga plafon tampak rapi.
  3. Bila Anda menggunakan atap beton bisa mengkombinasikan dengan plafon dari bahan glass block sehingga nampak serasi.
  4. Hindari menggunakan plafon dari asbes yang mengandung bahan silica, karena bahan ini mengandung zat yang tidak baik untuk kesehatan bila terhirup oleh manusia.
  5. Bila Anda mempunyai dana lebih bisa mencoba membuat plafon minimalis dari bahan kayu. Anda bisa menggunakan kayu olahan yang dicat limpra agar serat kayunya terlihat menonjol. Penggunaan kayu sebagai plafon cocok untuk rumah yang dirancang dengan konsep minimalis alami.

Setelah memilih plafon jenis apa yang akan Anda gunakan, langkah selanjutnya adalah memasang plafon tersebut. Setiap jenis plafon memiliki keunikan tersendiri, oleh karena itu dalam memasangnya juga memerlukan bebrapa cara yang pas.

Berikut adalah tips memilih dan memasang plafon rumah :

  • Perawatan dan Rangka Pemasangan Plafon - Dalam memilih plafon rumah yang harus diperhatiakan adalah kemudalahan dalam hal perawatan dan pemasangan plafon tersebut. Kemudahan pemasangan diantaranya adalah pemasangan rangka plafon, semakin rumit desain plafon maka semakin susah juga dalam membuat rangkanya. Plafon yang dipilih harus sesuai dengan desain rumah, sehingga selain mempertimbangkan desain harus mempertimbangkan tingkat kesulitan pemasangan dan perawatan. Jika budget Anda terbatas sebaiknya memilih plafon sederhana yang mudah untuk dipasang di rumah minimalis.
  • Pemasangan Plafon - Pemasangan plafon yang dimaksud di sini lebih ke desainnya bukan cara pemasangannya. Seperti yang sudah diketahui plafon dengan desain yang berbeda-beda contohnya adalah plafon dari gypsum atau GRC. Pemasangan plafon dari bahan ini sebaiknya dipasang secara bersilang seperti pemasangan bata atau dinding. Tujuan pemasangan plafon dengan cara menyilang adalah untuk meminimalisir terjadinya keretakan pada sambungan plafon. Seperti yang sudah diketahui sambungan plafon merupakan titik yang paling rawan terjadi keretakan dan bisa mengakibatkan kerusakan pada plafon.
  • Memilih Warna Plafon - Warna pada plafon juga harus diperhatikan agar sesuai dengan desain  warna pada rumah. Anda bisa menggunakan warna yang sama dengan warna dinding atau menggunakan warna lain yang cocok dipasangkan dengan warna yang ada di dinding rumah. Warna plafon sangat mempengaruhi suasana di ruangan, bila plafon rumah Anda pendek sebaiknya menggunakan warna terang agar ruangan tidak terkesan sempit. Begitu juga sebaliknya bila plafon yang Anda pasang terlalu tinggi bisa menggunakan warna gelap.



Pemasangan plafon betul-betul membutuhkan tenaga ahli yang sudah berpengalaman. Atau gunakan jasa kami sebagai Aplikator dan Distributor panel lantai, hubungi marketing kami di bawah ini:

MEGATruss Global

Showroom : Jl. Mayjend Sungkono 1005 - Buring - Kota Malang, 


Office    : Citra Garden City / Ciputra, Blok P1. No.4 -Kota Malang

Workshop & Factory di Surabaya : Pergudangan Mutiara Margomulyo Indah Blok A-37, Kota

Surabaya

Workshop di Blitar : Bendosewu, Talun - Blitar

Workshop di Ponorogo : Raya Kradinan, Dolopo - Ponorogo



Phone :

Telkomsel : 0853 3443 9900(Call, SMS, WhatsApp, Line)

Indosat : 0856 55 40 0004 (Call, SMS, WhatsApp)

XL / Axis : 087 888 48 5050 ( Call, SMS)

Phone & Fax : 0341 - 754253

Email : megatrussglobal@yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar